Press "Enter" to skip to content

Silaturahmi FKUB, Berikut Penyampaian Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara. S.H, S.I.K, M.Si.

Solok Selatan – Golden Arm.
Forum Komunikasi Antar Umat Beragama yang disingkat dengan FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

FKUB sendiri memiliki peran yang strategis dalam mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di Indonesia.

Jelang perayaan Natal dan malam pergantian tahun, bertempat di Ruangan Vicon Polres Solok Selatan hari ini Polres Solok Selatan melaksanakan kegiatan Silaturahmi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Fakta Integritas. Kamis (15/12/2022).

Kegiatan silaturahmi yang dilaksanakan pada hari ini tampak dihadiri oleh unsur Forkopimda Kab.Solok Selatan beserta tokoh lintas agama yang ada di Kabupaten Solok Selatan.

AKBP Arief Mukti menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah menjadi tugas dan kewajiban Polri untuk menjaga, melayani dan mengamankan jalannya ibadah Natal umat Nasrani.

“Kami wajib mengumpulkan seluruh sektor lintas agama untuk menyatukan satu persepsi, karena NKRI bukan hanya milik satu agama namun seluruh masyarakat Indonesia sebagai mana yang telah diatur dalam UUD 1945. Setiap hak warga masyarakat sama dimata Hukum dalam menjalankan Ibadah sesuai dengan Agama yang diakui oleh Negara” ucapnya.

“Dan Alhamdulillah selama ini secara umum di Kabupaten Solok Selatan tidak ada gesekan antar umat beragama, karena selama ini masih terjalin komunikasi yang baik” tambahnya.

Arief mukti juga turut menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga ketertiban dan toleransi antar umat beragama, serta pada saat perayaan malam pergantian tahun agar tidak melakukan arak arakan dan tidak membuat keributan demi menjaga situasi Kamtibmas yang telah kondusif selama ini.

Diakhir acara silaturahmi kali ini dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas oleh masing masing perwakilan sektor lintas agama yang mana berbunyi bersama menjaga memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menjaga kerukunan antar umat beragama, menjaga toleransi antar umat beragama, menjaga sinergitas dan korelasi beragama serta antisipasi masuknya aliran radikal di Kab.Solok Selatan.

“Saya berharap dengan telah ditanda tanganinya fakta integritas ini jangan hanya dijadikan simbol semata namun harus kita pegang teguh pada masing masing Agama” pesan Arief Mukti. (Hr/humas)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.