Press "Enter" to skip to content

Awasi Penyakit Kuku Mulut Pada Hewan,Bhabinkamtibmas Turun Ke Kandang Warga.

Golden Arm – Solok Selatan.
Melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan merupakan salah satu tugas pokok Bhabinkamtibmas.

Bripka Zuliandi salah seorang Bhabinkamtibmas Polsek Sangir Polres Solok Selatan yang memiliki wilayah binaan di Kec.Sangir tepatnya di Nagari Lb.Gadang Utara Kec.Sangir Kab.Solok Selatan.

Pada hari ini Rabu (25/05/2022) Bhabinkamtibmas tersebut melaksanakan kunjungan/sambang ke nagari binaannya.Dalam kegiatan tersebut Bripka Zuliandi melakukan pengecekan kandang dan hewan ternak yang dimiliki warga binaannya.

Zuliandi menjelaskan,maksud dan tujuan dilakukannya pengecekan kandang dan hewan ternak milik warga tersebut terkait adanya berita terhadap penyakit yang menyerang hewan ternak yakni PMK (Penyakit Mulut dan Kuku).

Bripka Zuliandi juga menjelaskan kepada warga binannya tentang gejala klinis yang khas pada PMK yakni munculnya lepuh (vesikel) di hidung, lidah, bibir, dalam rongga mulut, antara jari-jari kaki, atas kuku dan puting susu. Lepuh yang pecah dapat menyebabkan kepincangan yang ekstrem dan keengganan untuk bergerak atau makan.

“Gejala lainnya adalah demam, depresi, air liur berlebihan, berat badan turun, pertumbuhan lambat serta produksi susu turun yang dapat bertahan bahkan setelah pemulihan.” Tambahnya.

Dalam kesempatan itu,Zuliandi menghimbau kepada warga binaannya agar tetap menjaga kebersihan kandangnya dan tidak panik apabila menemukan penyakit dengan gejala gejala yang telah dijelaskan.

Saat dihubungi ,Kapolsek Sangir Iptu John Hendriks,S.H menjelaskan sampai saat ini kondisi hewan ternak warga dalam keadaan sehat, tidak ada tanda-tanda penyakit PMK.

“Namun kami tetap mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak khususnya sapi agar tetap melakukan pengecekan secara rutin untuk mencegah penyakit PMK dan segera laporkan kepada Polsek Sangir apabila menemukan penyakit PMK”Tutup Kapolsek Sangir Iptu John Hendriks,S.H.(Humas)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.